SEHAT dan BUGAR

Selama bertahun tahun bekerja di industri ini, saya selalu mendapatkan pertanyaan yang sama dari para client,"bagaimana caranya mendapatkan tubuh impian,apa yang harus di lakukan saat latihan,diet seperti apa yg seharusnya di lakukan" dan lain sebagainya.
oleh karena itu, saya akan merangkum hal penting yang berkaitan dengan fitness pada blog ini,semoga bermanfaat.

Kamis, 30 Juli 2015

Kenapa Harus Circuit Training



       Hallo pecinta fitness , setelah beberapa bulan lalu saya posting tips menurunkan berat badan, sekarang saya mau bagi tips khusus untuk latihannya,
Seperti yang biasa saya berikan sama client-client saya untuk program mereka, saya menggunakan program "CT(Circuit Training)" untuk menurunkan berat badan mereka.
      Jadi begini alasannya,CT itu latihan yang menggabungkan LATIHAN KARDIO dengan LATIHAN BEBAN.
latihan kardio itu sendiri, Orang biasanya melakukannya dengan,Treadmill, Sepeda, Lari di lapangan, Berenang dll, intinya KARDIO adalah latihan yang gerakannya di lakukan secara terus menerus pada periode waktu tertentu yang meliputi Otot besar, Berirama, Dinamis, dan Berkeseinambungan.
tujuan utama dari kardio itu untuk meningkatkan fungsi jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah, tapi yang mau saya bahas di sini bahwa di saat kita sedang kardio, kita bisa memanfaatkan kalori dari lemak di jadikan energi/tenaga untuk tujuannya menurunkan berat badan.
tapi sayangnya perubahan lemak menjadi tenaga hanya terjadi di saat latihan saja,itulah kardio.
Hmmm..pastinya masih kurang bro,artinya kardio saja tidak cukup, lemak di dalam tubuh kita banyak,belum lagi kita makan setiap hari..

Ok,,Di sinilah LATIHAN BEBAN berperan sangat penting.
Kebanyakan orang, latihan beban menggunakan alat-alat seperti weight machine & free weights.
namun sekarang sudah banyak juga latihan fungsional seperti kettlebell, corball, bosu, trx suspension, ViPER, DLL(lebih bervariasi, menantang & tidak membosankan).
        Tujuan dari latihan beban ini adalah untuk meningkatkan masa otot,namun buat pecinta fitness yang mau nurunin berat badan juga jangan takut jadi besar badannya dan berotot, karena latihan beban ini bisa di program sesuai dengan tujuan.
seperti,,,Kekuatan otot, Daya tahan otot, Hypertropy otot dan Power otot.
Dan Di sini yang mau saya bahas bukan dari jenis jenis program di atas, melainkan  sumber energi yang di gunakan saat latihan beban.
     
         Kalo kardio kita gunakan lemak sebagai sumber energi, tapi latihan beban ini kalori yang di rubah jadi tenaga adalah karbohidrat.
pertanyaannya,kapan latihan beban ini akan menggunakan kalori dari lemak??jawabannya adalah setelah latihan beban, di saat otot sedang recovery, di saat itulah otot tubuh kita menggunakan lemak sebagai sumber energi.
Tahukah anda,bahwa otot butuh kurang lebih 2X24jam untuk recovery.
Sooo, tanpa melakukan latihan otot tubuh kita akan tetap bakar kalori dari lemak.

        Itu lah alasannya kenapa saya memberikan program  CT(Circuit Training) untuk client-client saya yang menginginkan berat badan ideal dan sexy.
Efek luar biasa yang terjadi saat dan setelah CT adalah, disaat kita latihan, tubuh kita akan menggunakan kalori dari lemak untuk dijadikan sumber tenaga/ energi. Dan selepas latihan saat otot recovery, otot juga akan menggunakan lemak sebagai energi. 
         Dan satu lagi,,, kalian juga masih bisa kardio lagi setelah CT, karena CT hanya butuh 20 sd 40 menit saja.
Jadi satu kali latihan (satu session),menghasilkan 3x pembakaran kalori dari lemak.(saat latihan,saat kardio setelah latihan, dan saat otot recovery),,
Luar biasaaa,,,,

Oooh iya,,,untuk menghindri over training, bagi pemula sebaiknya  melakukan latihan CT maksimum 2X dalam seminggu.

Nah, di sini,,, saya mau kasih contoh untuk latihan CT yang sangat sederhana menggunakan body weight yang bisa juga di lakukan di rumah.

CONTOH:

  • Jumping jacks
  • Body weight squat
  • Burpee
  • Split lunges
  • Crunch
Begini caranya,,,
  • Lakukan 20 detik setiap gerakan.
  • Lakukan tanpa jeda istirahat antara gerakan satu ke gerakan berikutnya.
  • Lakukan 30 detik istirahat setelah satu putaran.
  • Ulangi 3 sd 5 putaran.
Selamat mencobaaa,salam olahraga dan sehat selalu,,thank u,,,


CITCUIT TRAINING!
SOLUSI CEPAT MENURUNKAN BERAT BADAN 
Regard:
KOKO||MASTER TRAINER
CELEBRITY FITNESS
www.kokopersonaltrainer.webs.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar